Minggu, 22 Januari 2012

Hydrant SNI 03-1745-2000

Cara pemasangan sistem hidran untuk gedung menurut SNI 03-1745-2000 adalah sebagai berikut:
a. Peralatan dan komponen sistem hidran gedung: Hidran terdiri dari kotak hidran dan kopling pengeluaran aliran air, pompa dan instalasinya, serta perpipaan.
b. Jumlah dan perletakan hidran gedung disesuaikan dengan klasifikasi bangunan dan luas lantai ruangan yang dilindungai oleh hidran.
c. Debit air minimum 400 liter/menit dan minimum tekanan pada titik tertinggi sebesar 4,5 kg/cm2.
d. Diameter selang minimum 3,75 cm (1,5 inch).
e. Diameter pipa tegak untuk klasifikasi A, B, (5 cm), klasifikasi D (6,25 cm).
f. Ukuran kotak hidran: panjang 52 cm, lebar 15 cm dan tinggi 66 cm.
g. Kopling pengeluaran aliran air: Hidran gedung dengan pipa tegak yang berdiameter minimum 10 cm harus mempunyai kopling pengeluaran aliran air berdiameter minimum 6,25 cm yang sejenis dengan kopling peralatan unit mobil pemadam kebakaran.
h. Persyaratan bahan: harus baru, berkualitas baik, minimum klas medium, memenuhi spesifikasi bahan bangunan dalam SKBI dan SII, bahan pipa dan fitting terdiri dari baja, baja galvanis, besi tuang dan tembaga. Bahan komponen hidran terdiri dari kotak hidran, selang gulung, pipa pemancar, pipa hidran.
i. Kotak hidran dipasang pada ketinggian 75 cm dari permukaan lantai.
j. Sumber air dapat berasal dari PDAM, BPAM, sumur artetis, sumur dalam, persediaan air minimum 30.000 liter.
k. Pompa menggunakan pompa kebakaran, minimal 1 buah, sumber tenaga berupa generator darurat.
l. instalasi hidran gedung: pipa induk (15 cm), pipa cabang (10 cm).
Cara pemasangan sistem hidran halaman sama dengan cara pemasangan sistem hidran untuk gedung, terkecuali hidran yang hanya terdiri dari kopling pengeluaran aliran air, debit air 1000 l/menit, diletakkan 10 m dari jalan lingkungan, dipasang dengan ketinggian 50 m dari permukaan tanah, panjang selang 30 m dan diameter 6,25 cm.
Instalasi pipa horizon dalam bangunan harus diberi penggantung, pipa yang menembus beton bangunan harus diberi selongsong, pipa yang menembus beton bangunan yang mempunyai lapiasan kedap air, rongga antara pipa dengan selongsong dibuat kedap air, sambungan pipa terdiri dari sambungan ulir, sambungan las dan sambungan cepat.
Setelah instalasi selesai dipasang, lakukan pengujian kebocoran dengan tekanan hidrostatik 20 kg/cm2 selama 4 jam. Semua sistem hidran diuji secara berkala 3 bulan sekali. Berita acara pengujian dan sertifikat layak pakai dikeluarkan oleh instansi yang berwenang.


maaf kalo ada kesalahan penulisan... :D
Indoor Hydrant Box...Foto kejadian kebakaran pada gambar adalah kejadian beberapa bulan yang lalu, tepat disamping rumah tempat tinggal kami... waspadalah dengan bahaya kebakaran....

0 komentar:

Poskan Komentar